•  2
    Lifestyle

    Lima Makanan yang Harus Anda Hindari Untuk Kurangi Risiko Kanker

      WELLDONE ID    2        0  

    JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penyebab penyakit kanker sampai saat ini belum dapat ditentukan, bahkan sebagian besar kanker diduga terjadi secara spontan tanpa sebab yang jelas. Namun, ada beberapa makanan yang dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker.

    Termasuk kebiasaan atau gaya hidup yang merusak kesehatan seperti merokok, radiasi atau virus. Obesitas atau kelebihan berat badan juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker.

    Untuk memastikan Anda tetap sehat, bukan ide buruk untuk membatasi makanan maupun minuman yang diduga dapat menjadi pemicu kanker. Gaya hidup sehat tentu sangat membantu. Berikut lima makanan dan minuman yang perlu Anda batasi untuk mencegah penyakit kanker, seperti dikutip dari lamam health.com, Kamis (27/10/2016).

    1. Daging olahan seperti hot dog, bacon, ham, sosis sebaiknya Anda batasi asupannya.

    2. Acar atau makanan yang sangat asin. Sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi ikan asin, acar sayuran dan makanan ringan yang memiliki kadar garam tinggi karena terkait dengan kanker perut.

    3. Alkohol. Minuman keras ini diduga dapat meningkatkan resiko penyakit pada mulut, kolorektal dan kanker payudara. Jika Anda menyukai jenis minuman beralkohol, sebaiknya membatasi asupan Anda untuk wanita tidak lebih dari satu gelas sehari dan untuk pria maksimal dua gelas sehari. Jika Anda bisa, sebaiknya Anda berhenti mengonsumsinya.

    4. Daging hangus. Memasak daging dengan suhu yang tinggi bisa merusak amina heterosiklik DNA dan hidrokarbon aromatik polisiklik. Karena itu, masak lah daging dengan suhu yang lebih rendah dan hindari daging agar tidak hangus.

    5. Minum-minuman sangat panas. Minum kopi, teh atau sup memang lebih enak jika panas. Namun, minuman yang sangat panas pada kopi, teh atau sup lebih besar terkena kanker esofagus. Kanker esofagus adalah kanker yang menyerang organ esofagus, atau biasa lebih dikenal sebagai kerongkongan. Karena itu, sebaiknya Anda menunggu suhu minuman agar tidak sangat panas, sebelum meminum atau memakan sup.

    Hasil penelitian menunjukkan, 43 persen Kanker dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi, dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat.


    Editor : Lince Eppang

     


  • Related Articles

     


Leave a Comment

Please Login to insert comment.

 

Facebook Conversations